MEREPRESENTASIKAN KOMPUTER ALFABET, KATA, UNICODE, ALAMAT, GAMBAR DAN WARNA

Selasa, 18 September 2012

MEREPRESENTASIKAN KOMPUTER ALFABET, KATA, UNICODE, ALAMAT, GAMBAR DAN WARNA

 kali ini kita akan membahas tentang sql. yang nantinya akan membuat keplah pecah. namun bila di pelajari lebih lanjut mungkin akan gampang untuk mengikutinya... langsung aja kita perhatikan makalah di bawah ini. lets goooooooo.....


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi kian hari kian maju. banyak hal yang dapat kita peroleh dengan kemajuan teknologi tersebut. Namun dengan kemajuan tersebut ada tuntutan untuk terus meningkatkan kemampuan kita. Sehingga nantinya kita tidak hanya bisa menggunakan saja tetapi juga mengetahui bagaimana prosesnya.

Ketika kita melakukan suatu perjalanan, kita mungkin mengikuti peta perjalanan. Peta bukanlah tempat di mana kita melakukan perjalanan, tetapi merupakan representasi dari tempat perjalanan. Dengan peta kita dapat menangkap informasi penting yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Demikian juga data yang kita butuhkan untuk disimpan pada komputer harus diwakili dengan cara menangkap esensi dari informasi, dan harus melakukannya dalam bentuk yang mudah untuk diolah komputer.

Mengingat betapa pentingnya pengetahuan tentang bagaimana data diolah oleh komputer, kami bermaksud menulis sebuah makalah yang kami beri judul REPRESENTASI DATA. Dalam makalah kali ini kami mencoba mengeksplorasi bagaimana data dapat mewakili dan menyimpan berbagai macam informasi yang dapat dikelola komputer.

B. Rumusan Masalah
Bagaimana komputer dapat merepresentasikan
a. Alfabet ?
b. Kata?
c. Unicode?
d. Alamat?
e. Gambar? Dan Warna?

C. Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
Dapat membedakan dan menjelaskan Alfabet , Kata, Unicode, Alamat, Gambar, Dan Warna.

D. Manfaat
Dengan tercapainya tujuan di atas makalah ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi mahasiswa khususnya serta pembaca pada umumnya untuk dapat lebih memahami mengenai representasi data dalam komputer. Sehingga nantinya selain dapat menggunakan komputer juga dapat mengetahui bagaimana suatu data diolah dan disimpan.


Bab II
Pembahasan

MEREPRESENTASIKAN KOMPUTER
Data dan kompuer adalah dua hal yang saling berhubungan. Tugas komputer untuk mengambil data yang berkaitan dengan mengelola dalam beberapa cara. Di masa lalu, komputer ditangani hampir secara eksklusif dengan data numerik dan tekstual, tapi sekarang dengan komputer multimedia perangkat, berhubungan dengan area yang luas dari kategori informasi. Komputer toko, sekarang, dan membantu kita memodifikasi berbagai jenis data, termasuk
Bilangan
Teks
Audio
Gambar dan grafis
Video
Semua data ini disimpan sebagai angka biner. Setiap dokumen, gambar, dan suara direpresentasikan sebagai string dari 1s dan 0s.

Representasi data dan data compression berfungsi untuk mengurangi jumlah ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan sejumlah data. Dulu hanya bisa menyimpan data yang berukuran kecil sekarang bisa menyimpan data yang berukuran besar. Ada Web dan jaringan yang membantu dan mendasarinya dengan memiliki bandwidth yang memembatasi jumlah maksimum bit /byte yang dapat ditransmisikan.

Rasio kompresi berfungsi menunjukan indikasi banyaknya kompresi terjadi. Rasio kompresi adalah ukuran data terkompresi dibagi dengan ukuran data asli. Rasio kompresi bias dalam bit / karakter /apa pun yang sesuai asalkan kedua nilai mengukur sama hal. Rasio harus menghasilkan angka antara 0 dan 1. Semakin dekat rasio dengan nol, kompresi semakin ketat. Sebuah teknik kompresi data dapat :
lossless ( data dapat diambil tanpa kehilangan informasi asli).
lossy, ( beberapa informasi yang hilang dalam proses pemadatan).

Tanpa data komputer akan sia-sia. Setiap melakukan tugas, komputer selalu berkaitan dengan pengelolaan data dalam berbagai cara. Untuk itu kebutuhan terpenting kita adalah mengatur data dengan cara yang paling tepat.

Di masa lalu, komputer ditangani hampir secara keseluruhan dengan data numerik dan tekstual, tetapi sekarang komputer benar-benar menjadi perangkat multimedia, berurusan dengan array yang luas dari berbagai kategori informasi. Komputer sekarang membantu kita untuk memodifikasi berbagai jenis data, termasuk: bilangan, teks, audio, gambar dan grafis, serta video.

Pada akhirnya semua data ini disimpan sebagai angka biner. Setiap dokumen, gambar, dan suara direpresemtasikan sebagai string dari 1’s dan 0’s. Di sini akan dijelaskan masing-masing jenis data pada komputer.

Di sini akan dijelaskan mengenai representasi data dan juga ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan sebuah data. Di masa lalu kita hanya mampu menyimpan data dalam kapasitas kecil karena keterbatasan penyimpanan. Tetapi untuk saat ini penyimpanan komputer dapat lebih canggih untuk dapat mengecilkan data yang disimpan.

Estrictions yang mendefinisikan jumlah maksimum bit atau byte yang dapat ditransmisikan dari satu tempat ke tempat lain dalam jumlah waktu tetap. Rasio kompresi memberikan indikasi seberapa banyak kompresi yang terjadi. Rasio kompresi adalah ukuran data terkompresi dibagi dengan ukuran data asli. Nilai bisa dalam bit atau karakter atau apapun yang sesuai asalkan kedua nilai sama. Rasio harus menghasilkan angka antara 0 dan 1. Semakin mendekati nilai 0, maka kompresi semakin ketat.

Sebuah teknik kompresi data dapat berupa lossless, yang berarti data dapat diambil tanpa kehilangan informasi aslinya. Atau bisa menjadi lossy, dalam hal ini ada beberapa informasi yang hilang dalam proses pemadatan. Meskipun kita tidak ingin kehilangan informasi, dalam beberapa kasus ada kerugian yang kita peroleh. Ketika berhadapan dengan representasi data dan kompresi, kita selalu menghadapi tradeoff antara akurasi dan ukuran.

Analog dari informasi digital adalah dunia alam untuk sebagian besar kontinu dan tak terbatas. Misalnya jumlah berapapun dapat dibagi dua. Tetapi dunia tidak terbatas dalam arti matematis. Spektrum warna pada pelangi tak terbatas. Benda-benda di dunia nyata bergerak secara terus-menerus dan tak terbatas ruang. Secara teori, kita selalu bisa menutup jarak antara kita dengan dinding dengan setengah, tetapi kita tidak akan pernah benar-benar mencapai dinding.

Komputer, disisi lain memiliki keterbatasan. Komputer memiliki memori dan perangkat keras yang memiliki ruang untuk menyimpan dan memanipulasi data tertentu. Komputer selalu gagal untuk mewakili data tak terbatas karena komputer adalah mesin yang terbatas. Kemudian tujuannya adalah untuk cukup mewakili data untuk memenuhi kebutuhan komputasi kita.

Informasi dapat diwakili dalam salah satu dari dua cara: analog atau digital. Data analog adalah representasi terus menerus, analog dengan informasi aktual yang diwakilinya. Data digital adalah representasi diskrit, melanggar informasi menjadi unsur yang terpisah.

Termometer merkuri adalah perangkat analog. merkuri meningkat dalam aliran secara terus menerus dalam tabung dalam propoorsi langsung dengan suhu. Kami mengkalibrasi dan menandai tabung sehingga kita bisa membaca suhu saat ini, biasanya sebagai integer seperti 75 derajat Farenheit. Namun, merkuri termometer sebenarnya meningkat secara terus-menerus antara derajat. Jadi pada beberapa titik waktu suhu sebenarnya 74,568 derajat.Fahrenheit.

Informasi analog adalah berbanding lurus dan tak terbatas dengan dunia di sekitar kita. Dengan itu komputer tidak dapat bekerja dengan baik dengan analog informasi. Jadi, sebagai gantinya, kita mendigitalkan informasi dengan memecahnya menjadi potongan-potongan dan mewakili potongan-potongan terpisah. Setiap representasi yang dibahas telah menemukan cara yang tepat untuk mengambil terus-menerus entitas dan terpisah menjadi elemen-elemen diskrit. Elemen diskrit direpresentasikan menggunakan digit biner.

Tapi mengapa kita menggunakan digit biner? Kita tahu bahwa biner hanya salah satu dari banyak sistem jumlah setara. Kita tidak dapat menggunakan, katakanlah desimal sistem nomor. Manakah yang lebih akrab kita gunakan?

Komputer telah dibangun dengan didasarkan pada sistem nomor. Namun, komputer moderen dirancang untuk menggunakan dan mengelola nilai-nilai biner karena perangkat yang menyimpan dan mengelola data jauh lebih dapat diandalkan jika harus mewakili salah satu dari dua nilai yang mungkin. Juga, sinyal elektronik jauh lebih mudah untuk menjaga jika mereka transfer hanya data biner. Sinyal analog terus berfluktuasi di atas dan bawah tegangan. Tapi sinyal digital hanya memiliki tinggi atau rendah, sesuai dengan dua digit biner.

Semua sinyal elektronik (baik analog dan digital) menurunkan ketika mereka bergerak di bawah garis. Artinya, tegangan sinyal berfluktuasi karena efek lingkungan. Masalahnya adalah bahwa sebagai sinyal analog akan segera mengalami degradasi. pulsa-kode modulasi. Variasi dalam sinyal melompat tajam antara dua ekstrim.

Sinyal digital disisi lain melompat tajam antara dua ekstrem. Hal ini disebut sebagai modulasi kode pulsa (PCM). Sebuah sinyal digital dapat menurunkan sedikit sebelum informasi apapun yang hilang, karena tegangan apapun nilai di atas ambang tertentu dianggap tinggi, dan nilai setiap batas bawah ambang dianggap nilai yang rendah. Secara berkala, sinyal digital adalah reclocked untuk mendapatkan kembali bentuk aslinya. Selama ini reclocked sebelum degradasi terlalu banyak terjadi, tidak ada informasi yang hilang.

Ketika kita melakukan rincian yang mewakili jenis tertentu data, ITOs penting untuk diingat sifat yang melekat menggunakan biner. Satu bit dapat 0 atau 1. tidak ada kemungkinan lain. Oleh karena itu, satu bit dapat mewakili hanya dua hal. Sebagai contoh, jika kita ingin mengklasifikasikan makanan sebagai manis atau asam, kita akan membutuhkan hanya satu bit untuk melakukannya. Kita dapat mengatakan bahwa jika bit adalah 0, makanan manis, dan jika bit adalah 1 makanan yang asam. Tapi jika kita ingin memiliki klasifikasi tambahan (seperti pedas), satu bit tidak cuikup.

Untuk mewakili lebih dari dua hal, kita perlu beberapa bit. dua bit dapat mewakili empat hal karena ada empat kombinasi 0 dan 1 yang dapat dibuat dari dua bit: 00, 01, 10, dan 11. Jadi, misalnya kita ingin untuk mewakili yang mungkin dari empat roda gigi mobil dalam (taman, drive, terbalik, dan netral) kita hanya perlu dua bit. Taman bisa diwakili oleh 00, drive oleh 01, terbalik dengan 10, dan netral oleh 11. Pemetaan yang sebenarnya antara bit dan setiap kombinasi mewakili hal kadang-kadang tidak relevan (00 dapat digunakan untuk mewakili sebaliknya, jika kita suka), meskipun kadang-kadang pemetaan bisa bermakna dan penting.

Jika kita ingin mewakili lebih dari empat hal, kita perlu lebih dari dua bit. Tiga bit dapat mewakili delapan hal karena ada delapan kombinasi dari 0 dan 1 yang dapat dibuat dari tiga bit. Demikian juga, empat bit dapat mewakili 16 hal, lima bit dapat mewakili 32 hal, dan sebagainya.

Secara umum, bit n bisa mewakili hal-hal 2n karena ada kombinasi 2n dari 0 dan 1 yang dapat dibuat dari n bit. perhatikan bahwa setiap kali kita meningkatkan jumlah bit yang tersedia dengan 1, kita melipatgandakan jumlah hal yang dapat mewakili.

Berapakah banyak bit yang kita butuhkan untuk mewakili mengatakan , 25 hal unik? Nah, empat bit tidak dapat cukup karena empat bit dapat mewakili hanya 16 hal saja. Kita setidaknya harus menggunakan lima bit, yang akan memungkinkan kita untuk mewakili 32 hal. Karena kita perlu mewakili 25 hal, beberapa kombinasi bit tidak dapat menginterpretasi secara valid.

Perlu diingat bahwa meskipun secara teknis kita mungkin hanya perlu jumlah minimum bit untuk mewakili satu set item, kita dapat mengalokasikan lebih dari itu untuk penyimpanan data. Ada jumlah minimum bit bahwa arsitektur komputer dapat menangani dan bergerak di sekitar pada satu waktu, dan biasanya kelipatan dua, seperti 8, 16, atau 32 bit. Oleh karena itu jumlah minimum penyimpanan yang diberikan untuk setiap jenis data adalah dalam kelipatan tersebut.

KESIMPULAN


1. data di dalam komputer dari yg bersifat analog dijadikan data digital berupa bit 0 dan 1, sehingga kombinasi angka 0 dan 1 yg dikenali komputer akan membentuk karakter, warna
2. Struktur dapat diartikan sebagai suatu susunan, bentuk, pola atau bangunan.
3. Data dapat diartikan sebagai suatu fakta, segala sesuatu yang dapat dikodekan atau disimbolkan dengan kode-kode atau lambang-lambang yang telahdisediakan di setiap komputer. Data yang disediakan oleh komputer sendiri terdiri dari berbagai jenis atau TYPE.
Pada garis besarnya, data dapat dikategorikan menjadi :
Type Data terdiri dari :
- Data Tunggal : Integer, Real, Boolean dan Karakter.
- Data Majemuk : String

4. Struktur Data adalah suatu koleksi atau kelompok data (susunan simbol-simbol) yang dapat dikarakterisasikan oleh organisasi serta dapat dioperasikan sesuai dengan definisi yang diberikan terhadapnya dikomputer. Struktur Data adalah cara penyimpanan dan pengorganisasian data-data pada memori komputer maupun file pada media penyimpanan secara efektif sehingga dapat digunakan secara efisien, termasuk operasi-operasi di dalamnya.Struktur Data, meliputi:
- Struktur data sederhana : Array dan Record
- Struktur data majemuk :
· Linier : Stack, Queue, Linier Link List
· Nonlinier : Tree, Binari Tree, Binary Search Tree, Graph.

ARSITEKTUR KOMPUTER LANJUT

MEREPRESENTASIKAN KOMPUTER ALFABET, KATA, UNICODE, ALAMAT, GAMBAR DAN WARNA

MUHAMMAD IKRAM MULKI
1129040241
PTIK 06


FAKULTAS TEKNIK
PENDIDIKAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMPUTER
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

2012

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Backlinks Generator Gratis
Free Automatic Backlinks
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 

Copyright 2012 Inilah tempatnya Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates