Kamis, 30 Agustus 2012

Catatan Corat - Coret seorang kawan ketika mengikuti DTSS Supervisor TIK Tingkat Madya  Pusdiklat  di Daerah  Bintaro Utama Raya Sektor V,  Tangerang.

Jenis protocol pada URL


Salah satu protokol yang sering kita gunakan adalah HTTP (hypertext transfer protocol). Protokol ini digunakan untuk berkomunikasi antara web browse r dan web server atau nama lain (client-server). HTTP ini akan kita gunakan jika tika hendak mengakses suatu website tertentu.

Dari singkatannya, HTTP memiliki tugas untuk mentransfer dokumen berupa hypertext yang dalam pelaksanaannya lebih dikenal dengan sebutan HTML.dengan demikian HTTP akan mentransfer HTML ke browser dari server tempat HTML tersebut disimpan.

[b]FTP\
[/b] FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk melakukan tranfer file dari server di Internet (Biasanya down load).  FTP ini juga bisa digunakan sebaliknya; untuk mengirim file ke web server di Internet

[b]Mailto

[/b] Mailto digunakan untuk mengirim surat elektronik ke mailbox yang terdapat di Internet. Format URL cukup mudah, hanya seperti berikut : mailto: nama-user@host Berbeda dengan protokol lainnya, Mailto tidak menggunakan double slash (//) karena mailto sendiri tidak menunjukkan kepada suatu objek tertentu yang akan diakses.

[b]Telnet

[/b] Telnet biasa digunakan untuk mengadakan komunikasi tertulis secara interaktif dengan web server. Menggunakan Telnet juga cukup mudah, anda cukup menuliskan: telnet://nama-host:port Ms-Windows sebenarnya juga telah menyediakan suatu program khusus untuk melakukan komunikasi dengan web server ini (telnet). Nama program tersebut adalah sama dengan fungsinya, yaitu telnet. [b]Gopher[/b] Protokol ini digunakan untuk mencari informasi pada suatu web server tertentu gopher merupakan protokol yang pertama kali menggunakan konsep hypertext pada internet, yang berarti yang berarti lebih tua daripada world wide web.

[b]HOST

[/b] Salah satu bagian yang akan kita tuliskan pada URL adalah host (atau IP). Host merupakan suatu teks yang akan membawa kita ke alamat host yang kita tuju lewat suatu fasilitas yang disebut DNS (Domain Name System) Jika kita mengakses alamat web tertentu.

 ---------
Pemrograman web bersifat client side scripting client side scripting (CSS), merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan di sisi client. pengolahan disini berarti “di terjemahkan/ interpreted”. yang memiliki tugas untuk menterjemahkan script jenis ini disisi client adalah web browser. agar semua script yang masuk kategori ini dapat diterjemahkan oleh web browser maka didalam web browser terdapat sebuah komponen/ modul/ “engine” yang memiliki daftar pustaka (library) yang mampu mengenali semua perintah-perintah yang terdapat pada kategori client side scripting.

berikut contoh web browser yang populer digunakan: internet explorer, mozilla firefox, opera., safari.  berikut adalah contoh client side scripting: HTML (hypertext markup language), java script, XML (extensible markup language), CSS (cascading style sheet). client side scripting merupakan script yang digunakan untuk membuat halaman web statis.

---- ----
Ciri-ciri decktop based :
a.    Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
b.    Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah
        terinstall sebelumnya..
c.    Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
d.    Prosesnya lebih cepat.
e.    Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
f.    Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
g.    Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
h.    Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Backlinks Generator Gratis
Free Automatic Backlinks
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 

Copyright 2012 Inilah tempatnya Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates